Pernah mengalami kesulitan dalam pencetakan sertifikat atau nota yang datanya banyak bangat harus dicetak di coreldraw?.
Biasanya yang dilakukan adalah memasukkan satu persatu data tersebut ke dalam layout atau desain yang telah kita buat sebelumnya di coreldraw. Jika data hanya kurang lebih 10, mungkin kita masih bisa mengatasinya, namun bayangkan jika data tersebut ratusan atau ribuan, maka kita kesulitan untuk melakukan input data ke layout atau desain yang kita miliki di coreldraw, dan belum lagi mencetaknya dengan mesin pencetak, akibatnya akan memakan waktu yang cukup banyak. Bisa jadi sebagian orang ada yang tidak bisa beristirahat akibat pekerjaan input data yang kurang efektif ini.
Lalu apa yang harus dilakukan?.
Pastinya kita akan menggabungkan desain yang kita miliki di coreldraw dengan data yang kita buat dari microsoft excel. Mungkin ada yang masih bingung apa itu numerator, maksudnya adalah penomoran yang dilakukan secara otomatis. Sehingga Cara membuat Numerator menggunakan CorelDraw dan Excel, bisa kita terapkan dengan mencetak sertifikat, nota, undangan, atau apa saja yang datanya sangat banyak untuk dicetak secara otomatis. Sehingga kegiatan input data ke layout yang kita miliki di coreldraw tidak lagi dilakukan dengan manual satu persatu diinput.
Mari simak bagaimana cara membuat sertifikat, nota, atau undangan secara otomatis berdasarkan data yang kita miliki:
- Setting Persiapan data di Microsoft Excel
- Buka Microsoft excel anda, pastikan halaman excel anda kosong
- Buat data yang ingin ditampikan, contonhya seperti di bawah ini
Catatan:
*Perlu diperhatikan barisan 1 dari cell akan menjadi Fields data
*Barisan cell ke 2 dan seterusnya akan menjadi data yang ingin digunakan - Simpan atau save data yang anda miliki dengan tipe file CSV (MS-DOS) .csv
- Jika muncul tampilan seperti ini, klik OK
- Kemudian jika muncul lagi tampilan ini, klik Yes
- Lalu keluar atau tutup alias Exit Microsoft Excel anda
- Setting penggabungan atau merge data dari excel ke Corel Draw
- Buka disain corel draw yang anda miliki, misalnya seperti di bawah ini
- Kemudian klik File -- Print Merge -- Create/ Load Merge Fields
- Kemudian akan muncul layar Print Merge Wizard
Bagian Choose how you would like to begin, pilih menu -- Import test from a file or an ODBC data source.
Lalu Next - Kemudian pilih Browse pada bagian File
- Cari file Excel yang anda telah save atau simpan tadi dalam bentuk tipe ekstensi CSV, lalu Open
selanjutnya klik Next - Kemudian akan muncul layar seperti di bawah ini.
Perhatikan, nama field yang ada akan sesuai dengan data excel tadi pada baris cell 1
Lalu klik Next - Akan muncul layar yang menampilkan data yang telah kita buat sebelumnya di excel
Lalu klik Next - Selanjutnya akan layar seperti di bawah ini, untuk menyatakan setting atau pengaturan selesai
Klik Finish
- Setting Input data yang telah di gabung atau merge
- Perhatikan ada toolbar Print Merge yang akan muncul di halaman corel draw
- Kemudian perhatikan pada bagian Field, akan muncul semua field yang telah dibuat sebelumnya di excel
- Sebagai contoh saya akan memasukan field nama, kemudian klik tombol Insert
- Maka akan muncul di tulisan nama sesuai field yang kita pilih atau insert tadi
- Kemudian saya akan memilih field asal, lalu klik Insert
- Maka akan muncul tulisan asal sesuai Field yang telah kita insert tadi
Perhatikan contohnya di bawah ini - Lakukan seterusnya sesuai data yang ingin anda tampilkan di disain yang anda miliki, pilih Field yang diinginkan, kemudian Insert.
- Jika anda sudah merasa semua data telah lengkap untuk ditampilkan, maka untuk melihat hasilnya, bisa anda klik menu -- Merge to New Document
Peringatan: langkah ini tidak perlu dilakukan jika anda sudah merasa benar memasukkan semua field yang anda miliki ke dalam layout atau disain. - Perhatikan pada bagian bawah Page anda akan muncul sesuai jumlah data yang anda miliki.
- Tahapan atau langkah terakhirnya, melakukan pencetakan dengan mesin pencetak yang anda miliki.
Hanya cukup klik menu Print pada toolbar Print Merge, maka semua sertifikat, nota, atau surat undangan yang anda miliki secara otomatis akan dicetak, sesuai dengan data yang anda miliki.
Anda bisa melakukan kegiatan lainnya sambil menunggu pencetakan hingga selesai. - Selesai :)
Catatan:
Perlu diperhatikan, langkah nomor 8 (pada bagian Setting Input data yang telah di gabung atau merge), boleh tidak dilakukan. Dikawatirkan akan terjadi error jika data yang anda miliki ratusan akibat dari memory atau RAM yang anda miliki tidak cukup banyak.
Mulai sekarang setelah anda membaca langkah-langkah yang saya berikan, jangan pernah melakukan input data secara manual dengan satu persatu pembuatan sertifikat, nota, surat undangan, atau apapun yang datanya sangat banyak. Cukup atur data yang anda miliki di Microsoft Excel, kemudian gabungkan data tersebut ke Corel Draw, dan selesai semua urusan atau pekerjaan anda.
Semoga Bermanfaat, dan Selamat Mencoba :)
cara buat nota nya mantap...
ReplyDeletethanks bro!
Sama-sama gan, mudah-mudahan bermanfaat ya bro :)
Deletejika kurang penjelasan, mohon britau ya bro...
thanks atas kunjungannya bro, salam globaltip...
gila keren amat lu nice info,
ReplyDeletehehehe....kamu juga keren kok.
DeleteThanks pujiannya...